Memfasilitasi Konedi dan kawan-kawan di STT IKSM SA, dan semoga menginspirasi.
Variabel-variabel Pendidikan Agama Kristen dalam web blog ini dipahami dalam pengertian konsep-konsep di sekitar Pendidikan Agama Kristen yang dapat diukur. Dalam konteks pemahaman demikian maka blog ini dirancang khusus untuk membahas topik-topik atau konsep-konsep yang berhubungan dengan Pendidikan Kristen. Konsep-konsep itu pada akhirnya ketika diadakan penelitian lapangan maka konsep-konsep yang dibahas itu dapat dikur dengan sejumlah indikator-indikator.
Contoh variabel-variabel PAK:
1. Kreativitas Guru PAK
2. Motivasi Belajar
3. Pemanfaatan Free weblog oleh Guru PAK dalam Proses pembelajaran
4. dst.
Kreativitas Guru PAK
Dasar Teologis Kreativitas Guru PAK
Perjanjian Lama yaitu dalam Narasi Kejadian 1 menyebutkan bahwa manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah. Bagian firman Tuhan ini menegaskan bahwa manusia adalah makhluk yang punya potensi. Salah satu potensi itu adalah kemampuan berpikir. Melalui kemampuan berpikir itu manusia pertama yaitu Adam dan Hawa dapat mengelola taman Eden. Dengan kemampuan berpikir itu manusia dapat menciptakan lingkungan sekitarnya secara kreatif untuk mencukupi diri manusia itu sendiri. Kreativitas selalu berhubungan dengan ide-ide dan ide-ide selalu berhubungan dengan lingkungan di mana manusia berada. Lingkungan mempengaruhi manusia untuk berkreasi. Salah satu tugas yang dihadapi guru PAK adalah mengajar. Mengajar membutuhkan kreativitas. Kita dapat menyaksikan baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru tentang manusia yang berkreativitas. Inti dasar pembahasan ini hendak menegaskan bahwa dasar kreativitas guru PAK adalah bahwa Tuhan telah memberi kemampuan "segambar dan serupa". Oleh karena itu Guru PAK mesti berkreativitas dalam menopang berlangsungnya proses pendidikan Agama Kristen. Hal ini disebabkan karena sering proses Pendidikan Agama Kristen tidak diminati peserta didik. Bila ini terjadi maka guru dituntut berkreativitas. Kreativitas Guru PAK dapat mempengaruhi motivasi belajar dari peserta didik. Dikatakan demikian karena dalam kenyataannya motivasi belajar seseorang muncul ketika unsur luar dari peserta didik itu diberdayakan secara baik. Salah satu unsur luar (faktor ekstrensik) dari motivasi belajar adalah lingkungan pembelajaran. Guru yang kreatif adalah guru yang memberdayakan aspek luar dari peserta didik sehingga peserta didik termotivasi belajar Pendidikan Agama Kristen.
Jadi, salah satu dasar Teologis kreativitas guru PAK adalah manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah. Allah secara kreatif menciptakan langit dan bumi sehingga manusia merasa senang atau bahagia menyaksikan keindahan alam. Demikian pula sebagai manusia yang dicipta segambar dan serupa, seorang guru PAK mesti kreatif.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.